Kisah di Balik Misteri Kitab Stambul

Kisah di Balik Misteri Kibab Stambul – Bagi pemeluk agama Islam tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Al- Qur’an. Banyak juga yang menyebutnya dengan sebutan Mushaf. Dimana keberadaannya selalu dicari untuk dibaca dan juga diamalkan isinya sebagau langkah mengikuti Rasulullah SAW.

Namun, seiring berjalannya waktu dan semakin pesatnya teknologi, membuat Al- Qur’an yang dulunya besar dengan ukuran meja sekarang menjadi sangat amat kecil. Dengan ini dimaksudkan agar mudah untuk dibawa kemana-mana. Nah, karena kemungilannya inilah yang membuatnya mendapatkan julukan kitab Stambul.

Kitab stambul ini seringkali dijadikan sebagai sebuah jimat. Yang mana terkadang umurnya sudah mencapai piluluhan tahun bahkan ratusan tahun. Hal inilah yang membuat kitab stambul memiliki harga fantastis dan juga sangat legendaris.

Misteri kitab stambul benar-benar besar. Dimana kitab stambul ini memiliki banyak sekali jenis ukuran yang ditawarkan, namun tetap dengan konsep yang minimalis. Ada juga yang berukuran besar, dan ini biasanya dijadikan sebagai hiasan dindin semata dengan ukiran pigura.

Sejarah Kitab Stambul

Sejarah dari kitab stambul ini sangatlah besar. Dimana setiap daerah memiliki versinya masing-masing. Yang mana banyak sekali pihak yang mempercayai bahwa kitab stambul ini merupakan cetakan yang diperbanyak pada abad ke-19. Ada pula pihak yang mengatakan bahwa kitab stambul ini dicetak pada abad ke-12.

dikutip dari laman majalah Teropong disebutkan bahwa sebenarnya kitab Stambul ini ukuran aslinya adalah 2.2 x 3.3 cm. Dimana pengemasannya dilengkapi dengan kotak berbahan baja dengan lensa baja berbentuk bulat yang menempel. Kitab Stambul ini sendiri dicetak di Istambul. Yakni tepat pada abad ke-12 di negara Turki. Sedangkan pada abad ke-14, dimana posisi kesultanan dipegang oleh Ottoman sudah menghasilkan cetakan kitab Stambul dengan ukuran yang sama.

Misteri kitab stambul ini diperkuat dengan kepercayaan bahwa kitab ini merupakan sebuah kitab rahasia yang digunakan para ulama untuk urusan dakwah. Oleh sebab itu, kitab ini dicetak secara terbatas. Desainnya pun bisa dibilang khusus yang mana sampul kitabnya sendiri terbuat dari kulit yang dilapisi dengan kotak berbahan dasar baja anti karat. Kitab ini sendiri disembunyikan dengan cara dijadikan sebagai bandul kalung pada kala itu.

Kata Stambul sendiri diambil dari nama kota Istambul yang ada di Turki. Dimana pada masa itu dinasti Islam menjadi yang terakhir dibawah pemerintahan Ottoman. Perkembangan Qur’an sendiri disana tidak lepas dari campur tangan kesultanan Turki. Kitan Stambul sendiri dirilis pada kala adanya lukisan miniatur.

Pembuatan miniatur kitab Stambul sendiri diperintahkan langsung oleh Sultan Selim II yang kemudian dipercayakan kepada Hafiz Osman Effendi yang mana pada kala itu berprofesi sebagai kaligrafer ternama. Menurut sejarah dari misteri kitab stambul, kaligrafi buatan Osman merupakan yang paling terkenal dengan ukuran mini buatan tulisan tangan asli. Setelah itu, profesinya diteruskan oleh sang anak yang berprofesi sebagai seorang muadzin.

Seiring berjalannya waktu dan juga perkembangan ilmu teknologi serta pengetahuan, membuat kitab Stambul ini mengalami perubahan. Yang mana pada abad ke-19 kitab Stambul masuk ke India dan juga Pakistan. Sedangkan pada era saat ini, pencetakannya sudah merambah ke Iran dan juga Australia.

di Indonesia sendiri sudah memproduksi kitab stambul. Yang mana misteri kitab stambul ini memiliki jenis yang berbeda tergantung dari warna yang digunakan sebagai pembedanya. Warna hitam digunakan untuk kaum santri, warna merah untuk kelas menengah setingkat pejabat, dan juga ada warna emas yang diperuntukkan bagi Sultan.

Penjelasan lebih lengkap mengenai Kitab Stambu – KLIK DI SINI

Konsultasi Serius tentang Masalah Anda dengan Pakarnya Ki Sabrang Alam, Silahkan hubungi kontak di bawah ini :

081 226 888 103 ( WA / Telpon / SMS )